Mengenal Komposer Musik Film Indonesia,

Artikel SEO

disclaimer : this article is written by SEO Article content writer for rickylionardi.com

 

Komposer musik film Indonesia pastinya tidak akan terlepas dari sosok handal MS. BahkanMS pun tercatat menjadi musikus Indonesia pertama yang memilih profesi sebagai penata musik sebuah film. Komposer musik memang merupakan salah satu jenis profesi yang tidak banyak dipilih karena membutuhkan keseriusan dan keahlian khusus. Terlebih seorang komposer musik harus jeli dan pandai menjabarkan apa yang menjadi keinginan sutradara dalam sebuah karya musik film.  Mengulas tentang komposer musik film, sebenarnya ada cukup banyak komposer musik film muda Indonesia yang berbakat. Keahliannya dalam menciptakan musik film terbukti sukses dengan adanya beberapa penghargaan  sebagai penata musik terbaik dalam ajang FFI.

 

Nama para komposer film memang sudah tidak asing lagi dalam dunia perfilman Indonesia. Bisa dibilang setiap tahun banyak nama muncul hampir dalam setiap judul film baru Indonesia. Hal ini wajar saja karena memang banyak sineas yang mempercayakan penggarapan musik dalam film Indonesia. Komposer musik film Indonesia banyak menyukai musik jazz klasik, tradisional, dan pop. Akan tetapi, diakui  bahwa seorang komposer musik film dalam bekerja tidak bisa memaksakan jenis musik apa yang disukai. Seorang komposer musik film harus dapat mendefinisikan apa yang diinginkan oleh sutradara.

 

Seorang komposer musik hendaknya peka merasakan setiap adegan dalam film lalu mengekspresikannya lewat musik, sehingga makna film lebih terasa kuat. Selain menggarap musik film untuk layar lebar,para komposer musik dalam film juga menggarap ilustrasi musik untuk film pendek, iklan, sinetron, dan FTV. Baik menggarap musik film untuk film layar lebar atau film televisi, treatment pun akan dibedakan penggarapannya. Walaupun tetap memberlakukan hal sama karena dirinya ingin memberi kepuasan kepada semua pihak tidak terkecuali tim penggarap film. Karya-karya para komposer musik dalam film Indonesia terbukti mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Dalam menerima tawaran sebagai penata musik, para komposer film memang idealis. Banyak dari mereka tertarik menggarap musik film untuk film yang diyakininya memiliki manfaat dan nilai lebih karena pekerjaan sebagai komposer musik film Indonesia diakuinya merupakan bagian dari ibadah.

 

 

Leave a comment