5 Musisi Jazz Indonesia

Artikel SEO

disclaimer : this article is written by SEO Article content writer for rickylionardi.com

Ada beberapa musisi jazz Indonesia yang cukup terkenal. Mereka telah mengeluti aliran musik ini sudah sejak lama. Bahkan, tak jarang melakukan konser musik jazz di dalam maupun di luar negeri. Oleh karena itu, para musisi jazz ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, melainkan dikenal luas di negara lain. Konsistensi dalam bermain musik telah menjadikan mereka menjadi seorang musisi yang profesional. Tidak peduli dengan selera pasar industri musik di tanah air karena pasti berganti-ganti. Mereka tetap setia memainkan musik jazz hingga sekarang. Karakter seperti itu yang harus dimiliki setiap musisi di Indonesia. Memang kenyataannya, dalam segi finansial yang didapat tergolong kecil dan tidak dapat bersaing dengan aliran musik yang lain, seperti rock, pop, atau yang lainnya. Namun yang terpenting musisi jazz Indonesia mampu menunjukkan karya-karyanya hingga ke mancanegara.

Di sini akan sedikit diinformasikan beberapa musisi jazz hebat yang dimiliki Indonesia. Secara musikalitas, mereka tidak bisa dianggap remeh dan mampu disejajarkan dengan musisi jazz dari mancanegara. Bahkan, karya-karya mereka hingga sekarang masih enak untuk didengar.

Ireng Maulana

Ireng Maulana merupakan anak dari pasangan Max Maulana dan Georgiana Sinsoe. Bakat musiknya menurun dari sang ayah, yaitu seorang pemain gitar, sementara ibunya adalah seorang penyanyi yang pandai memainkan piano. Ireng Maulana mulai menyukai musik jazz saat melihat pamannya, yaitu Tjok Sinsoe bermain alat musik bass. Pamannya itu cukup terkenal pada era jazz tahun 40-an di Indonesia.

Indra Lesmana

Indra Lesmana bermain musik jazz sejak kecil. Dia pertama kali tampil bersama ayahnya saat masih berusia 10 tahun. Indra sangat menyukai alat musik keyboard. Pada tahun 1978, Indra meliris album perdananya yang diberi judul Ayahku Sahabatku. Nuansa jazz pada album tersebut sangat kental. Meskipun pada saat itu perkembangan musik jazz belum memuaskan seperti saat ini, Indra tetap konsistem memainkan musik jazz. Bahkan, hingga sekarang Indra masih eksis dalam bermain musik jazz.

Bubi Chen

Bubi Chen merupakan musisi jazz Indonesia yang lahir pada tanggal 9 Februari 1938 dan meninggal di Semarang pada tanggal 16 Februari 2012 silam. Bubi Chen berkarier di jalur musik jazz hingga akhir hayatnya. Bubi belajar piano sejak usianya masih 5 tahun. Dia berguru pada Di Lucia, seorang pianis berkebangsaan Italia yang tinggal di Indoensia. Perkembangan musik jazz di tanah air yang mulai menggeliat membuat Bubi semakin bersemangat untuk menghasilkan karya-karya terhebatnya hingga tutup usia.

Jack Lesmana

Pada usia 10 tahun, Jack telah mahir bermain gitar. Selanjutnya, pada usia 15 tahun Jack bergabung menjadi seorang gitaris pada group band Berger Quartet. Bukan hanya pintar memainkan gitar, Jack juga mahir memainkan alat musik bass. Jack Lesmana juga pernah mendirikan Jack Lemmers Quartet bersama Maryono dan Bubi Chen. Sebuah group musik beraliran jazz yang cukup terkenal pada masa itu.

Benny Likumahua

Benny Likumahua merupakan salah satu musisi jazz Indonesia yang bermain alat musik saksofon. Namun sebelumnya Benny pernah bermain bongo, kemudian beralih ke alat musik bass. Saat mulai tertarik dengan musik jazz, Benny mengganti alat musik yang dipegangnya menjadi Darinet dan trombone.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s