Musik Dalam Film Indonesia

Artikel SEO

disclaimer : this article is written by SEO Article content writer for rickylionardi.com

ย 

Musik dan Film

Musik film merupakan sebuah bukti bahwa musik dan film tidak bisa dipisahkan. Film sendiri adalah satu media hiburan yang juga memiliki fungsi lain sebagai media edukasi dan bahkan penelitian. Bagi masyarakat Indonesia, menonton film memang sudah menjadi satu kebutuhan tersendiri. Tetapi, sudah tahukah Anda bahwa proses membuat sebuah film tidaklah mudah. Diperlukan proses panjang yang melibatkan banyak pihak. Jadi tidak hanya sekedar peran aktor dan aktrisnya saja. Melainkan dalam sebuah film juga turut melibatkan sejumlah orang yang bekerja di balik layar yang diantaranya melibatkan peran penting penata suara dan penata musik.

 

Penata suara atau sound designer bertugas menciptakan efek suara dalam setiap adegan dan sekaligus menyunting suara. Dalam kerjanya penata suara sering dibantu oleh sound recorder. Adapun penata musik atau yang lebih dikenal sebagai musik ilustrator atau musik composer bertugas menciptakan komposisi musik yang menjadi bagian dari pencitraan cerita dalam film. Dalam proses pengerjaan film penata suara dan penata musik saling bekerja sama menciptakan musik film yang apik dan pastinya bisa mendefinisikan keinginan sutradara.

 

Musik film tidak bisa berdiri sendiri melainkan tergantung dan terikat dengan unsur-unsur film yang lain. Tidak heran bila kini setiap film harus memiliki musik khusus, sehingga kebutuhan akan peran penata suara dan penata musik semakin ketara. Hal ini karena musik tidak hanya sebagai ilustrasi tetapi sudah menjadi satu bagian yang terintegrai dalam film. Pembuatan musik film memang tidak bisa dilakoni setengah-setengah. Diperlukan modal materi, waktu dan keahlian khusus. Maka kerja keras dari seorang penara suara dan penata musik sudah selayaknya mendapat apresiasi.

 

Musik Film

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa musik dan film tidak bisa dipisahkan. Bahkan tidak sedikit film yang menjadi sangat terkenal karena musik film yang apik. Contohnya saja film Badai Pasti Berlalu yang menjadi salah satu film Indonesia terlaris karena musik filmya. Unsur audio dan visual yang dipadukan dengan baik benar diakui menjadi satu media yang sangat berpengaruh. Dalam hal ini film menjadi suatu media yang sangat mengena, mudah diingat, dan pastinya tidak cepat membuat bosan. Inilah mengapa film juga menjadi media edukasi. Oleh karenanya, Anda harus bijak memilih genre film yang akan ditonton terlebih jika ada anak-anak yang ikut menonton.

 

Musik dapat mengekspresikan suatu perasaan, ideologi, dan kesadaran seseorang. Musik dalam sebuah film pun berfungsi menguatkan makna dari sebuah adegan supaya lebih mengena dihati penontonnya. Namun, perlu diketahui bahwa musik film berbeda dengan efek suara. Jika musik dimasukkan hanya sebatas latar belakang misal lagu iringan pada acara pernikahan, maka musik tersebut hanya sebatas efek suara saja. Lain halnya dengan sebuah dialog bisa dikategorikan sebagai musik. Musik dalam film memang penting, hanya saja di perfilman Indonesia sepertinya baru menitikberatkan pada tampilan visual. Adapun audio atau musik masih belum dianggap penting. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana cara musik tersebut dimasukkan dalam film.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s