Pembuatan Jingle Iklan Indonesia

Artikel SEO

disclaimer : this article is written by SEO Article content writer for rickylionardi.com

Sebuah jingle iklan Indonesia dibuat dengan tujuan utama untuk menarik perhatian masyarakat umum agar melirik produk yang diiklankan. Hampir semua iklan di televisi selalu memakai jingle. Mungkin iklan-iklan tertentu yang tidak mengikutsertakan jingle karena durasi iklannya cukup pendek dan temanya sederhana. Sebuah jingle dapat dibuat oleh siapa pun, baik mereka yang bukan musisi, komposer, atau arranger terkenal. Pasalnya, membuat sebuah jingle iklan tidak seperti membuat lagu yang harus memperhatikan komposisi, lirik, dan nada-nadanya. Jingle cukup dibuat singkat, padat, dan sesuai dengan tema iklan yang akan ditayangkan. Ada beberapa pihak yang terlibat dalam pembuatan sebuah jingle iklan Indonesia, antara lain sebagai berikut.

Komposer musik

Komposer adalah pembuat lagu. Namun kaitannya dengan pembuatan jingle iklan, kerja sang komposer tidak serumit seperti membuat sebuah lagu. Namun demikia, kualitas musik dalam jingle tersebut juga dibuat yang berkualitas. Komposer dapat membuat sebuah jingle dengan diiringi sebuah alat musik saja, seperti piano, biola, atau gitar. Ada beberapa iklan yang ditayangkan di televisi yang jinglenya sangat sederhana. Namun, sebuah jingle juga dapat dibuat serumit membuat lagu. Hal itu dikarenakan permintaan dari klien atau produser iklan. Oleh karena itu, komposer melibatkan penyanyi dan pemain alat musik dalam pembuatan jingle tersebut. Sebuah iklan yang berdurasi cukup panjang, yaitu sekitar 4 – 5 tentu harus diimbangi dengan jingle yang durasinya kurang lebih sama. Oleh karena itu, seorang komposer harus memperhitungkan semua itu.

Sutradara iklan

Untuk membuat sebuah jingle iklan Indonesia, seorang komposer harus bekerja sama dengan sutradaranya. Pasalnya, sang sutradara yang membuat dan mengetahui isi skenario iklan tersebut. Dengan begitu, komposer dapat menjadikan patokan dari isi skenario, jingle seperti apa yang nanti akan dibuat. Komposisi musik serta lirik harus diselaraskan dengan isi skenario iklan. Hasilnya akan menjadi sebuah iklan yang berkualitas. Seorang sutradara harus mengetahui jalan cerita yang akan dibuatnya. Oleh karena itu, dia perlu mencari beberapa aktris atau aktor yang akan bermain dalam iklan tersebut. sebuah casting biasanya diadakan untuk memilih mereka yang tepat untuk mengisi pemain dalam iklan.

Produser iklan

Produser di sini diartikan sebagai klien atau pemegang modal dalam pembuatan sebuah iklan. Sebuah iklan tidak dapat dibuat tanpa kehadiran produser yang membiayainya. Oleh karena itu, seorang komposer dan sutradara harus apa kemauan produser. Misalnya, tema iklannya seperti apa, jalan ceritanya, musik yang digunakan untuk jingle, dan lain sebagainya. Seorang produser juga bertugas sebagai quality control, yaitu mengetahui kualitas sebuah iklan yang sudah jadi apakah layak untuk diiklankan di layar televisi atau belum. Jika belum tentu harus dibuat lebih bagus lagi. Kerja sama dari ketiga komponen ini akan membuahkan sebuah jingle iklan Indonesiayang bagus dan menarik perhatian masyarakat luas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s