Salah Satu Group Orkestra Indonesia

Artikel SEO

disclaimer : this article is written by SEO Article content writer for rickylionardi.com

Sebuah musik orkestra Indonesia dapat diciptakan oleh semua komposer, khususnya mereka yang mengambil jalur musik orkestra atau klasik. Musik-musik hasil ciptaan komposer klasik tersebut dapat diperdengarkan secara umum kepada masyarakat lewat sebuah pertunjukan musik orkestra. Dewasa ini, musik orkestra di Indonesia sudah tidak bisa dibilang ketinggalan zaman atau jadul (jaman dulu). Pasalnya, tidak sedikit kalangan muda-mudi yang sengaja memperdalam ilmu bermain musik orkestra. Mereka biasanya menguasai salah satu alat musik yang dimainkan dalam pertunjukan orkestra. Para anak muda tersebut bisa tergabung dalam group orkestra yang khusus dibuat bagi mereka yang menyenangi musik orkestra.

Sejarah berdiri

Orkestra Simfoni Universitas indonesia (OSUI) Mahawaditra didirikan pada tanggal 11 Juni 1983. Perlu anda ketahui bahwa saat pendiriannya bertepatan dengan fenomena alam gerhana matahari total. Pada pendiri OSUI memang sengaja memakai momen tersebut untuk mengingat awal berdirinya group orkestra Indonesia ini.

Mahawaditra dapat diartikan suara yang agung atau besar. Nama tersebut dipilihkan oleh rektor UI pada saat itu. OSUI menjadi orkestra Indonesia tertua yang didirikan oleh kalangan universitas hingga sekarang. UI memang tidak memiliki fakultas khusus yang mempelajari mengenai musik. Namun dengan berdirinya OSUI, para mahasiswa yang berminat dengan musik khususnya musik orkestra dapat bergabung, belajar, dan bermain musik brsama-sama.

Pada awalnya, OSUI hanya untuk mengisi acara seremonial yang diadakan UI, seperti wisuda atau dies natalis atau ulang tahun. Namun itu dahulu, sekarang ini OSUI menjadi salah satu group orkestra yang dipandang cukup berkualitas di antara group orkestra lain yang ada di Indonesia. seiring perkembangan zaman, OSUI tidak hanya mengisi acara seremonial semata, tetapi sudah melakukan pertunjukan musik orkestra Indonesia secara profesional. Mereka kerap hadir dalam beberapa acara yang diselenggarakan instansi tertentu yang membutuhkan pertunjukan orkestra Indonesia. Oleh karena itu, OSUI menjadi semakin terkenal dan berperan aktif hingga sekarang dalam perkembangan musik orkestra di Indonesia.

Regenerasi anggota OSUI

Semakin bertambahnya usia, OSUI juga membutuhkan talenta-talenta mudah untuk mengisi squat orkestra yang dimiliki. Hal itu dikarenakan, OSUI memang khusus group orkestra yang diisi oleh mahasiswa-mahasiswi UI. Mereka yang bergabung menjadi anggotanya memang tidak selamanya karena setelah lulus biasanya segera meninggalkan OSUI untuk berkarier di bidang yang digelutinya. Oleh karena itu, OSUI secara rutin selalu membuka pendaftaran bagi para mahasiswa UI yang ingin lebih mengenal musik orkestra Indonesia dengan bergabung menjadi anggotanya. Jadi, perekrutannya seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang hanpir tiap tahun selalu membuka pendaftaran bagi anggota baru. Dengan cara seperti itu, cukup banyak anggota OSUI yang bergabung sehingga regenerasi talenta-talenta muda musik orkestra Indonesia akan tetap terjaga.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s