Kolaborasi Musik Orkestra Indonesia dengan Musik Populer

disclaimer : this article is written by SEO Article content writer for rickylionardi.com

Sebuah alunan musik merdu dapat Anda nikmati saat menonton pertunjukan musik ochestra atau orkestra Indonesia. Pertunjukan musik yang di dalamnya terdiri atas banyak pemain musik dan dipimpin oleh seorang kunduktor atau conductor Indonesia. Musik orkestra termasuk jenis musik klasik atau jazz. Orchestrator membuat musik yangd ditampilkan menjadi indah. Tidak menutup kemungkinan musik orkestra dapat dipadukan dengan musik populer, sehingga menjadi sajian pertunjukan musik yang unik dan menarik. Sementara itu, penggemar musik klasik di Indonesia memang tidak sebanyak penggemar musik populer. Oleh karena itu, beberapa komposer dan arranger membuat alunan musik orkestra yang lebih menarik. Dengan tujuan, untuk menarik perhatian para penggemar musik tanpa terkecuali.

Musik orkestra kontemporer

Saat ini sudah banyak komposer yang menggabungkan antara musik populer diiringi dengan sajian orkestra yang klasik. Dengan begitu, sebuah pertunjukan musik kolaborasi antara penyanyi atau group band populer saat ini diiringi oleh musik klasik orkestra. Hasilnya, bisa diibaratkan antara kuno dengan modern, atau antara populer dengan klasik.

Pertunjukan musik seperti itu sangat menarik. Baik remaja muda hingga orang tua sangat menikmatinya. Pasalnya, suasana yang didapatkan sangat lain, sehingga menarik perhatian. Selain itu, komposisi musik yang tersaji juga dibuat pas dengan aransemen lagu yang bagus. Padahal tidak mudah membuat aransemen lagu populer diiringi musik orkestra Indonesia. Mungkin hanya komposer atau arranger profesional dan berpengalaman saja yang dapat membuatnya.

Para penonton pun dapat dengan santai menikmatinya. Tidak sedikit mereka yang ikut bernyanyi dan standing applause kepada semua pemain musik dalam pertunjukan tersebut. Hal seperti itulah yang seharusnya hadir di Indonesia. Ke depan semoga musik orkestra Indonesia lebih maju dan berkembang.

Menarik perhatian masyarakat

Dalam image masyarakat sudah berkembang bahwa musik orkestra itu kuno, klasik, musiknya mendayu-dayu, dan biasanya digemari oleh orang tua saja. Namun anggapan itu terbantahkan, setelah beberapa komposer, konduktor, dan arranger Indonesia mengkolaborasikan antara musik orkestra dengan musik populer. Hasilnya sangat luar biasa karena tidak sedikit orang yang dulunya tidak menaruh perhatian pada musik orkestra, akhirnya dapat menikmatinya juga.

Untuk membuat kolaborasi seperti itu, seorang komposer dan arranger musik orkestra harus bekerja sama dengan penyanyi atau group band popoler. Terutama yang saat ini sedang naik daun, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Pembuatan pertunjukan secara keseluruhan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Selain melibatkan banyak orang musisi juga tidak ketinggalan panitia pelaksana untuk mewujudkan pertunjukan musik orkestra Indonesia yang luar biasa.

Bahkan, sekelas group band beraliran cadas, seperti Metallica pernah membuat album orkestra. Lagu-lagu yang mereka bawakan diiringi musik orkestra yang cantik. Hasilnya, perpaduan antara musik keras dengan musik klasik, serta saling mengisi antara satu dengan yang lain. Para penggemar Metallica sangat menyukainya hingga rela membeli album tersebut. Itulah kehebatan musik orkestra yang dapat dikolaborasikan dengan jenis musik lain. Oleh karena itu, ditunggu ke depan musik orkestra Indonesia dapat menyajikan pertunjukan seperti itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s