Mengenal Big Band Indonesia Lewat Alunan Musik Jazz

disclaimer : this article is written by SEO Article content writer for rickylionardi.com

Jazz Big Band Indonesia memang belum sepopuler group pada genre musik lain, seperti pop atau rock. Namun demikian, masyarakat Indonesia khususnya para pecinta musik big band dapat menikmati keindahan alunan musik dari kelompok band tersebut dari festival musik seperti Java Jazz Festival. Jenis alunan musik ini memang jarang dipertontonkan dalam sebuah pertunjukan musik. Biasanya, big band dapat dilihat dalam konser orchestra atau pertunjukan musik jazz. Keindahan lirik serta syair dari musik ini dapat membuat para penggemarnya untuk bernostalgia sejenak dengan musik zaman dulu.

Apa itu big band?

Mereka yang awam dan berusia muda mungkin belum pernah mengenal tentang big band. Pasalnya, generasi muda sekarang sudah dicekoki oleh musik beraliran pop atau rock yang bertema percintaan.

Big band adalah sebuah band yang memainkan jenis musik jazz dengan diiringi 12 hingga 19 pemain musik. Anggota bandnya cukup banyak karena band ini memang menyajikan pertunjukan musik yang lengkap, meskipun tetap dibalut dengan genre jazz. Belasan pemain di dalamnya ada yang memainkan alat musik saksofon, terompet, trombon, dan lain sebagainya. Semua alat musik tersebut biasanya dapat Anda dengarkan dalam pertunjukan musik orkestra jazz, band jazz, atau band dansa yang sangat terkenal pada era musik Swing.

Perlu Anda ketahui bahwa era keemasan musik Swing, yaitu sekitar tahun 1935 di daratan Eropa dan Amerika. Musik tersebut sangat digemari oleh masyarakat pada zaman itu. Bahkan hingga sekarang, masih cukup banyak penggemar musik Swing di dunia, tak terkecuali di Indonesia dengan Big Band Indonesia .

Sejarah big band Indonesia

Sudahkan Anda mengetahui sejarah musik Big Band? Diketahui bahwa terdapat periode yang membedakan big band dalam sebuah band populer di industri musik dunia. Namun, masyarakat lebih mengenal big band yang terdiri atas 10 – 13 alat musik yang dibawa oleh masing-masing anggota big band. Pada sekitar pertengahan tahun 1020-an, big band mendominasi musik pop saat itu. Oleh karena itu, musik jazz yang merupakan akar dari big band banyak diperdengarkan pada masa itu. Masih banyaknya penggemar musik big band, membuat jenis musik ini terus dipertontonkan dalam pertunjukan musik. Anda yang menyukai jenis musik jazz harus patut berbangga.

Beberapa musisi jazz Indonesia yang juga aktif di Indonesia maupun bersolo karier, antara lain Benny Likumahua, Indra Lesmana, Bhaskara, Bubi Chen, Jopie Item, Embong Raharjo, Jack Lesmana, Margie Segers, Ermy Kulit, Bill Saragih, Hendra Wijaya, dan lain sebagainya. Semua musisi jazz tersebut hingga sekarang masih berkarya, meskipun sangat jarang diperdengarkan di layar televisi. Namun begitu, pertunjukan musik jazz bertaraf nasional maupun internasional yang diadakan di Indonesia masih terus berlangsung, seperti Java Jazz Festival, dan lain sebagainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s