W.R. Soepratman, Sang Komposer Indonesia yang Melegenda

Artikel SEO

disclaimer : this article is written by SEO Article content writer for rickylionardi.com

Saat ini sangat banyak komposer Indonesia. Semua komposer tersebut menciptakan berbagai lagi yang berlainan, dari lagu nasional, lagu modern, lagu tradisional, dan lain sebagainya. Salah satu komposer Indonesia ada yang melegenda karena salah satu karyanya menjadi lagu kebangsaan Indonesia. Apakah Anda tahu siapa belia? Benar, komposer Indonesia tersebut bernama Wage Rudolf Soepratman. Sanga pencipta lagu indonesia Raya. Sebuah lagu kebangsaan Indonesia yang selalu diperdengarkan pada setiap upacara bendera. Sebuah lagu yang pasti dihapal dari seorang presiden Republik Indonesia hingga rakyat kecil belaka. Sebuah lagu kebangsaan yang mampu dinyanyikan oleh anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun, Anda mungkin belum mengetahui secara mendalam mengenai pencipta lagu tersebut. berikut sedikit uraiannya untuk Anda.

Kehidupan pribadi sang legenda

Sang komposer Indonesia Wage Rudolf Soepratman lahir di Jatinegara, Jakarta yang dulu masih bernama Batavia pada tanggal 9 Maret 1903. Beliau wafat pada usia 35 tahun pada tanggal 17 Agustus 1938 di Surabaya, Jawa Timur. Tanggal dan bulan kematian beliau di kemudian hari menjadi hari bersejarah untuk rakyat Indonesia karena menjadi perayaan Hari Kemendekaan Republik Indonesia.

Wage Rudolf Soepratman adalah pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yaitu Indonesia Raya. Beliau dinobatkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia karena jasa-jasa beliau. Soepratman merupakan anak ketujuh  dari sembilan bersaudara. Ayahnya bernama Joemeno Kartodikromo dan ibunya bernama Siti Senen.

Soepratman pernah belajar bahasa Belanda di sebuah sekolah malam selama tiga tahun. Selanjutnya, Soepratman melanjutkan sekolah di Normaalschool di kota Makasar. Beliau pernah menjadi seorang guru, bekerja di sebuah perusahaan dagang milik Belanda, juga pernah menjadi seorang wartawan waktu pindah ke Bandung. Hingga pada suatu ketika beliau sangat tertarik dengan pergerakan Nasional yang dicetuskan oleh tokoh-tokoh muda, tak terkecuali Soekarno dan Muhammad Hatta. Perlu Anda ketahui bahwa Soepratman hingga akhir hidupnya tidak pernah menikah dan tidak pernah mengangkat seorang anak.

Sejarah lagu Indonesia Raya diciptakan

Soepratman sangat menyukai bermain alat musik biola. Pada saat di Makasar, beliau mendapat pelajaran musik oleh kakak iparnya. Soepratman tertantang menjadi komposer Indonesia untuk menciptakan sebuah lagu kebangsaan Indonesia. Pasalnya, pada saat itu pergerakan nasional sudah mulai memanas. Para pemuda sangat ingin mengadakan kongres kepemudaan yang salah satu tujuannya untuk menjadi Indonesia merdeka.

Akhirnya pada tahun 1924, sang komposer Indonesia Wage Rudolf Soepratman berhasil menciptakan lagu Indonesia Raya saat di Bandung pada usia 21 tahun. Lagu indonesia Raya pertama kali diperdengarkan oleh Soepratman secara instrumentalia, yaitu hanya dengan memainkan biola pada tanggal 28 oktober 1928. Pada saat itu merupakan malam penutupan dari Kongres Pemuda II yang berlangsung di Jakarta, yang melahirkan ikrar Sumpah Pemuda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s